Nilai Pelanggan atau Costumer Value adalah sebuah konsep
penting. Contohnya jika anda membeli sebuah baju, apa saja yang anda
dapatkan setelah baju itu milik anda/ anda dapat menggunakannya, itu
sudah tentu. Anda juga merasa baju ini nyaman di kulit anda karena
memang menggunakan bahan bermutu. Baju tersebut juga baju yang
tidak gampang luntur, dan tahan lama. Masih soal baju, untuk dapat
menggunakannya, pasti ada biaya yang harus dikeluarkan. Kita
mungkin harus naik angkutan umum (dengan risiko kecelakaan karena
pengemudinya yang ugal-ugalan) atau mengeluarkan uang untuk
BBM, jika menggunakan kendaraan sendiri. Saat sampai ditoko, kita
harus membayar parkir (dengan risiko kehilangan kendaraan). Kita
mungkin juga kehabisan waktu. Atau ada beban psikologis saat kita
30 Ibid, hlm. 11
23
harus memilih antara beberapa pilihan. Semua biaya itu kita sebut
dengan Biaya Total Konsumen. Perbandingan antara nilai yang
didapatkan dengan biaya total inilah yang disebut dengan Nilai
Pelanggan..... Baca selengkpanya...>>>
No comments:
Post a Comment