Electronic Commerce (e-commerce) merupakan konsep baru yang biasa digambarkan sebagai
proses jual beli barang atau jasa pada World Wide Web Internet (Shim, Qureshi,
Siegel, Siegel, 2000) dalam buku M. Suyanto (2003:11) atau proses jual beli
atau pertukaran produk, jasa dan informasi melalui jaringan informasi termasuk
internet (Turban, Lee, King, Chung, 2000) dalam buku Suyanto (2003:11).
Sedangkan menurut Kalakota dan Whinston (1997) dalam buku M. Suyanto (2003:11)
mendefinisikan e-commerce dari
beberapa perspektif berikut :
1. Perspektif
Komunikasi : e-commerce merupakan
pengiriman informasi, produk/layanan, atau pembayaran melalui lini telepon,
jaringan computer atau sarana eletronik lainnya.
2. Perspektif
Proses Bisnis : e-commerce merupakan
aplikasi teknologi menuju otomisasi transaksi dan aliran kerja perusahaan.
3. Perspektif
Layanan: e-commerce merupakan salah
satu alat yang memenuhi keinginan perusahaan, konsumen dan manajemen dalam
memangkas service cost ketika meningkatkan mutu barang dan kecepatan pelayanan.
Perspektif Online: e-commerce
berkaitan dengan kapasitas jual beli produk dan informasi di internet dan jasa
online lainnyaKLIK DISINI untuk DOWNLOAD SKRIPSI dan ARTIKEL LENGKAP tentang E-COMMERCE
No comments:
Post a Comment