Tuesday, April 22, 2014

Keuntungan Investasi Reksadana




Menurut Maula, selain investasi di reksadana menawarkan keuntungan yang cukup menarik, ada beberapa keuntungan lain yang dapat diperoleh jika melakukan investasi reksadana, yaitu
1. Investasi dikelola manajemen yang professional

Dalam perusahaan reksadana terdapat manajer investasi yang bertugas untuk menganalisis pasar dan membantu investor yang tidak memiliki kemampuan untuk menganalisis sendiri dalam pengambilan keputusan investasi.
2. Batas minimum investasi rendah

Dengan sistem penghimpunan dana dari berbagai investor, maka seorang investor dapat berinvestasi reksadana walaupun dengan dana yang terbatas.
3. Kemudahan cara pembelian

Para calon investor dapat langsung membeli reksadana di perusahaan reksadana sehingga mampu terhindar dari biaya pembelian (sales charge).
4. Risiko investasi rendah

Investasi reksadana berarti melakukan investasi diberbagai jenis efek sehingga kemungkinan penurunan nilai efek secara bersamaan kecil.
5. Kemudahan menjual kembali

Pada reksadana terbuka, perusahaan penerbit reksadana wajib membeli kembali reksadana yang dijualnya sehingga investor tidak perlu khawatir akan likuiditas dana yang diinvestasikannya. 15

6. Perlindungan pemerintah

Adanya Bapepam-LK yang berperan sebagai pengawas pasar modal dan lembaga keuangan serta dibuatnya Undang-Undang Pasar Modal merupakan bentuk perlindungan yang dilakukan pemerintah bagi investor.
7. Perkembangan saham-saham reksadana lebih mudah dipantau

Perkembangan saham dalam reksadana lebih mudah dipantau karena perhitungan yang rumit dan sulit telah dilakukan oleh manajer investasi sehingga investor cukup melihat hasil analisis dan perhitungannya saja.

No comments:

Post a Comment