Lingkungan Pendidikan
Lingkungan secara sempit diartikan sebagai alam sekitar di luar diri
manusia/individu. Sedangkan secara luas, lingkungan mencakup segala material
dan stimulus di dalam dan di luar individu, baik yang bersifat fisiologis,
psikologis, maupun sosio-kultural. Secara fisiologis, lingkungan meliputi segala
kondisi dan material jasmaniah di dalam tubuh. Secara psikologis, lingkungan
mencakup segenap stimulus yang diterima oleh individu mulai sejak dalam
konsensi, kelahiran sampai kematian. Secara sosio-kultural, lingkungan mencakup
segenap stimulus, interaksi, dan kondisi, dalam hubungannya dengan perlakuan
ataupun karya orang lain. (M. Dalyono, 2006:129).
Oemar Hamalik (2005:195) mengungkapkan bahwa “Lingkungan adalah
sesuatu yang ada di dalam sekitar yang memiliki makna dan/atau pengaruh
tertentu kepada individu”. Menurut Sertain dalam M. Dalyono (2006:132)
lingkungan meliputi semua kondisi-kondisi dalam dunia ini yang dalam cara-cara
tertentu mempengaruhi tingkah laku kita, pertumbuhan, perkembangan kita
kecuali gen-gen, dan gen-gen dapat pula dipandang menyiapkan lingkungan bagi
gen yang lain.... Baca selengkapnya...>>>
Klik Disini Untuk Download SKripsi Lengkap
Klik Disini Untuk Download SKripsi Lengkap
No comments:
Post a Comment