Sekolah adalah tempat belajar bagi siswa dan teman-temannya untuk
memperoleh ilmu pengetahuan dari gurunya. Menurut Sumitro, dkk (2006: 81)
“Sekolah adalah lingkungan pendidikan yang mengembangkan dan meneruskan
pendidikan anak menjadi warga negara yang cerdas, terampil, dan bertingkah laku
baik".
Menurut Oemar Hamalik (2005:5) ” Sekolah adalah suatu lembaga yang
memberikan pengajaran kepada murid-muridnya”. M. Dalyono (2006: 131)
mengungkapkan bahwa “Sekolah merupakan satu faktor yang turut
mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak terutama untuk
18
kecerdasannya”. Sekolah dapat mengembangkan dan meningkatkan pola pikir
anak karena di sekolah mereka dapat belajar bermacam-macam ilmu pengetahuan.
Sekolah merupakan pelanjut dari pendidikan dalam keluarga sehingga
sekolah sering disebut sebagai lingkungan kedua setelah keluarga. Pengetahuan,
nilai-nilai dan keterampilan yang diberikan di sekolah merupakan kelanjutan dari
apa yang diberikan di dalam keluarga tetapi tingkatannya lebih tinggi dan lebih
kompleks. Pendidikan di sekolah lebih bersifat formal karena di sekolah terdapat
kurikulum sebagai rencana pendidikan dan pengajaran, guru-guru yang lebih
profesional, sarana dan prasarana serta fasilitas pendidikan sebagai pendukung
proses pendidikan. (Nana Syaodih Sukmadinata, 2004: 7).
Lingkungan sekolah seperti para guru, staf administrasi, dan teman-teman
sekelas dapat mempengaruhi semangat belajar siswa. Para guru yang
menunjukkan sikap dan perilaku yang simpatik, memberikan dukungan dan
motivasi kepada siswa, dan memperlihatkan teladan yang baik, serta rajin
khususnya dalam hal belajar, misalnya rajin membaca dan berdiskusi dapat
menjadi daya dorong yang positif bagi kegiatan belajar siswa. Keadaan gedung
sekolah dan letaknya serta alat-alat belajar juga turut menentukan keberhasilan
belajar siswa. (Muhibbin Syah, 2002: 173-174). ....Baca selengkapnya...>>>
Klik Disini Untuk Download SKripsi Lengkap
Klik Disini Untuk Download SKripsi Lengkap
No comments:
Post a Comment