Dalam dunia pendidikan,
menilai merupakan salah satu kegiatan yang tidak dapat ditinggalkan. Menilai
merupakan salah satu proses belajar dan mengajar. Di Indonesia, kegiatan
menilai prestasi belajar bidang akademik di sekolah-sekolah dicatat dalam sebuah
buku laporan yang disebut rapor. Dalam rapor dapat diketahui sejauhmana
prestasi belajar seorang siswa, apakah siswa tersebut berhasil atau gagal dalam
suatu mata pelajaran. Didukung oleh pendapat Sumadi Suryabrata (1998 : 296)
bahwa rapor merupakan perumusan terakhir yang diberikan oleh guru mengenai
kemajuan atau hasil belajar murid-muridnya selama masa tertentu.
Syaifuddin Azwar (1998
:11) menyebutkan bahwa ada beberapa fungsi penilaian dalam pendidikan, yaitu :
a. Penilaian berfungsi selektif (fungsi
sumatif)
1). Memilih siswa yang akan diterima di
sekolah
2) Memilih siswa untuk dapat naik kelas
3). Memilih siswa yang seharusnya dapat
beasiswa
b. Penilaian berfungsi diagnostik
c. Penilaian berfungsi sebagai penempatan (placement)
d. Penilaian berfungsi sebagai pengukur keberhasilan (fungsi formatif)... Baca selengkapnya...>>>
No comments:
Post a Comment