Kemampuan Bersaing atau Keunggulan
bersaing adalah kemampuan meraih perhatian yang lebih besar dibandingkan dengan
pihak lain yang mengelola kegiatan sejenis. Pengertian ini juga harus
disesuaikan dengan fungsifungsi yang ada dalam perusahaan, mengingat setiap
fungsi-fungsi yang dalam perusahaan akan berhadapan dengan kata persaingan atau
tidak satupun di antara fungsi tersebut yang tidak ingin memperoleh keunggulan
dalam persaingan.
Fungsi-fungsi yang ada dalam perusahaan
seperti fungsi produksi, fungsi pemasaran, fungsi manufaktur serta fungsi
sumberdaya manusia harus dapat bekerjasama secara terpadu dan terintegrasi satu
sama lain dan menopang tujuan perusahaan untuk memenangkan persaingan.
Bertitik tolak dari pemikiran di atas,
maka kalangan yang berpendapat bahwa keunggulan bersaing adalah kemampuan dalam
menggunakan sumberdaya informasi idealnya pengembangan strategi perusahaan yang
efektif dan efisien tidak cukup hanya melalui pendekatan yang terpilah-pilah,
tetapi harus menyeluruh sebagai satu kesatuan system yang utuh dalam konteks
yang relevan. Pendekatan sistem membuat pemahaman keseluruhan interaksi antara
berbagai elemen penting dan dinamis karena daur ulang formulasi dan strategi
perusahaan, serta evaluasi harus memperhatikan berbagai elemen penting
interaksinya. Hal ini juga berarti bahwa dimensi waktu merupakan factor penting
yang secara eksplisit harus dipertimbangkan dalam persaingan bisnis modern.
Wajar bagi sebuah perusahaan memiliki
begitu banyak pesaing yang tidak henti-hentinya berusaha untuk meningkatkan
kualitas produk dan pelayanannya. Dalam teori-teori manajemen klasik, yang
sebagai pesaing adalah perusahaanperusahaan yang menawarkan produk dengan tipe
dan karakteristik yang relatif sama. Perusahaan-perusahaan biasanya berada
dalam sebuah industri yang berbeda sehingga mudah untuk diidentifikasikan mana
yang memiliki potensi sebagai kompetitor dan mana yang bukan.
No comments:
Post a Comment