Latar
Belakang Permasalahan Penelitian
Perkembangan
teknologi dan industri membawa dampak bagi kehidupan manusia terutama dunia
usaha pada saat ini. Di samping itu banyaknya usaha yang bermunculan baik
perusahaan kecil maupun besar berdampak
pada persaingan yang ketat antar perusahaan baik yang sejenis maupun yang tidak
sejenis. Oleh karena itu pemasaran merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan
dalam menghadapi persaingan, pengembangan usaha dan untuk mendapatkan laba,
sehingga perusahaan dapat mengembangkan produknya, menetapkan harga, mengadakan
promosi dan mendistribusikan barang dengan efektif.
Pada
umumnya perusahaan mengalami kesulitan dalam memonitor, memahami dan
menganalisis perilaku konsumen secara tepat dan benar, mengingat banyaknya
faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dan adanya perbedaan perilaku untuk
masing-masing individu. Dengan demikian
perusahaan dituntut untuk dapat memantau perubahan-perubahan perilaku konsumennya,
termasuk perilaku konsumen untuk mendapatkan atau memilih produk.
Produk mie instan sebagaimana diketahui
adalah salah satu produk makanan cepat saji yang semakin lama semakin banyak
digemari masyarakat karena kemudahan dalam hal penyajiannya. Demikian juga bagi
kalangan mahasiswa yang sebagian besar berdomisili jauh dari orang tua, produk
ini merupakan makanan cepat saji yang biasa dikonsumsi karena harganya yang
terjangkau, mudah didapatkan dan sifatnya yang tahan lama. Dengan semakin
banyaknya mie instan yang ada di pasaran berarti memberikan keleluasaan bagi
konsumen untuk memilih merk yang sesuai dengan keinginannya. Oleh karena itu
perlu bagi perusahaan untuk menganalisis perilaku konsumen mie instan untuk
mengetahui pola pembeliannya. Dengan banyaknya merk mie instan yang ada di
pasaran akan mendorong perusahaan bersaing mendapatkan calon konsumen melalui
berbagai strategi yang tepat, misalnya mengubah kemasan, warna, aroma, promosi
dan harga. Lebih jauh lagi produsen dalam mendistribusikan produknya ke pasar
konsumen berusaha agar produknya dapat diterima sesuai dengan apa yang
diinginkan konsumen.
No comments:
Post a Comment