Bauran
pemsaran sebagaimana yang sudah kita kenal terdiri atas empat elemen (4P’s):
produk, harga, distribusi dan promosi. Akan tetapi, dalam pemasaran jasa, ada
elemen-elemen lain yang bisa dikontrol dan dikoordinasikan untuk keperluan
komunikasi dengan dan memuaskan konsumen. Yazid (1999, hlm. 20), mengungkapkan
bahwa, elemen-elemen tersebut adalah: orang (people or participants), lingkugan
fisik di mana jasa diberikan atau bukti fisik (physical evidence) dan proses
jasa itu sendiri (process).
Berikut
ini adalah bauran pemasaran yang diperluas untuk jasa (Yazid, 1999, hlm. 21):
1. Produk: feature barang, tingkat kualitas, asesoris,
pembungkusan, garansi, lini produk, penentuan merk.
2. Distribusi: jenis saluran, perantara, lokasi outlet,
transportasi, penyimpanan, mengelola saluran.
3. Promosi: bauran promosi, tenaga penjualan, periklanan,
target, jenis media, jenis periklanan, promosi penjualan, publisitas.
4. Harga: fleksibilitas, tingkat harga, diskon, kuota.
5. Partisipan: karyawan, training, motivasi, tim kerja,
komunikasi.
6. Bukti
fisik: design fasilitas,
keindahan, fungsi, peralatan, laporan, rambu-rambu, tangible lainnya.
7. Proses: aliran aktivitas, tingkat keterlibatan konsumen
No comments:
Post a Comment