Monday, July 2, 2012

Bauran Pemasaran Jasa



            Bauran pemsaran sebagaimana yang sudah kita kenal terdiri atas empat elemen (4P’s): produk, harga, distribusi dan promosi. Akan tetapi, dalam pemasaran jasa, ada elemen-elemen lain yang bisa dikontrol dan dikoordinasikan untuk keperluan komunikasi dengan dan memuaskan konsumen. Yazid (1999, hlm. 20), mengungkapkan bahwa, elemen-elemen tersebut adalah: orang (people or participants), lingkugan fisik di mana jasa diberikan atau bukti fisik (physical evidence) dan proses jasa itu sendiri (process).
            Berikut ini adalah bauran pemasaran yang diperluas untuk jasa (Yazid, 1999, hlm. 21):
1.      Produk: feature barang, tingkat kualitas, asesoris, pembungkusan, garansi, lini produk, penentuan merk.
2.      Distribusi: jenis saluran, perantara, lokasi outlet, transportasi, penyimpanan, mengelola saluran.
3.      Promosi: bauran promosi, tenaga penjualan, periklanan, target, jenis media, jenis periklanan, promosi penjualan, publisitas.
4.      Harga: fleksibilitas, tingkat harga, diskon, kuota.
5.      Partisipan: karyawan, training, motivasi, tim kerja, komunikasi.
6.      Bukti fisik: design fasilitas, keindahan, fungsi, peralatan, laporan, rambu-rambu, tangible lainnya.
7.      Proses: aliran aktivitas, tingkat keterlibatan konsumen

No comments:

Post a Comment