Monday, July 2, 2012

Komponen Sistem Pemasaran Jasa



            Sistem pemasaran jasa merupakan salah satu bagian penting karena dapat memberi kontribusi kepada konsumen terhadap organisasi. Lovelock (1991, hlm. 17) merumuskan komponen-komponen sistem pemasaran jasa sebagai berikut:
1.      Personal jasa: perwakilan penjualan, staf pelayanan jasa, staf akuntansi, staf operasi yang secara normal memberikan jasa secara langsung kepada konsumen (penjaga malam atau gudang).
2.      Fasilitas dan peralatan jasa: bangunan luar, tempat parkir, halaman atau taman; bangunan dalam dan mebelair; kendaraan; peralatan swalayan yang akan dioperasikan oleh konsumen.
3.      Komunikasi nonpersonal: surat, brosur/katalog/manual instruksi, periklanan, papan rambu-rambu, cerita-cerita baru/editorial dalam media massa.
4.      Orang lain: konsumen yang ikut hadir selama penyajian jasa berlangsung; konsumen dari mulut ke mulut yang berasal dari teman, sahabat, atau bahkan orang asing.

1 comment: