Sistem
pemasaran jasa merupakan salah satu bagian penting karena dapat memberi
kontribusi kepada konsumen terhadap organisasi. Lovelock (1991, hlm. 17)
merumuskan komponen-komponen sistem pemasaran jasa sebagai berikut:
1.
Personal jasa: perwakilan penjualan, staf pelayanan jasa, staf akuntansi, staf operasi
yang secara normal memberikan jasa secara langsung kepada konsumen (penjaga
malam atau gudang).
2.
Fasilitas dan peralatan jasa: bangunan luar, tempat parkir, halaman atau
taman; bangunan dalam dan mebelair; kendaraan; peralatan swalayan yang akan
dioperasikan oleh konsumen.
3.
Komunikasi nonpersonal: surat, brosur/katalog/manual instruksi,
periklanan, papan rambu-rambu, cerita-cerita baru/editorial dalam media massa.
4.
Orang lain: konsumen yang ikut hadir selama penyajian jasa berlangsung; konsumen dari
mulut ke mulut yang berasal dari teman, sahabat, atau bahkan orang asing.
Terimakasih sudah boleh mampir, ini sangat bermanfaat
ReplyDelete