Infopreneur Sukses 468x60

Monday, July 2, 2012

Komponen Sistem Pemasaran Jasa



            Sistem pemasaran jasa merupakan salah satu bagian penting karena dapat memberi kontribusi kepada konsumen terhadap organisasi. Lovelock (1991, hlm. 17) merumuskan komponen-komponen sistem pemasaran jasa sebagai berikut:
1.      Personal jasa: perwakilan penjualan, staf pelayanan jasa, staf akuntansi, staf operasi yang secara normal memberikan jasa secara langsung kepada konsumen (penjaga malam atau gudang).
2.      Fasilitas dan peralatan jasa: bangunan luar, tempat parkir, halaman atau taman; bangunan dalam dan mebelair; kendaraan; peralatan swalayan yang akan dioperasikan oleh konsumen.
3.      Komunikasi nonpersonal: surat, brosur/katalog/manual instruksi, periklanan, papan rambu-rambu, cerita-cerita baru/editorial dalam media massa.
4.      Orang lain: konsumen yang ikut hadir selama penyajian jasa berlangsung; konsumen dari mulut ke mulut yang berasal dari teman, sahabat, atau bahkan orang asing.

1 comment: