Produk
menurut Kotler dan Amstrong (1996:274) adalah : “A product as anything that can
be offered to a market for attention, acquisition, use or consumption and that
might satisfy a want or need”. Artinya produk adalah segala sesuatu yang
ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian, dibeli, dipergunakan dan yang
dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan konsumen.
Menurut
Stanton, (1996:222), “A product is asset of tangible and intangible attributes,
including packaging, color, price quality and brand plus the services and reputation
of the seller”. Artinya suatu produk adalah kumpulan dari atribut-atribut yang
nyata maupun tidak nyata, termasuk di dalamnya kemasan, warna, harga, kualitas
dan merk ditambah dengan jasa dan reputasi penjualannya.
Menurut
Tjiptono (1999:95) secara konseptual produk adalah pemahaman subyektif dari
produsen atas “sesuatu” yang bisa ditawarkan sebagai usaha untuk mencapai
tujuan organisasi melalui pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen, sesuai
dengan kompetensi dan kapasitas organisasi serta daya beli. Lima Tingkatan
Produk Menurut Kotler (2003:408) ada lima tingkatan produk, yaitu core benefit,
basic product, expected product, augmented product dan potential product.
Penjelasan tentang kelima tingkatan produk adalah :
a.
Core benefit (namely the fundamental service of benefit that costumer really buying)
yaitu manfaat dasar dari suatu produk yag ditawarkan kepada konsumen.
b.
Basic product (namely a basic version of the product) yaitu bentuk dasar dari suatu
produk atau barang yang biasanya dapat dirasakan oleh pancaindra konsumen
c.
Expected product ( namely a set of attributes and conditions that the buyers normally
expect and agree to when they purchase this product ) yaitu serangkaian atribut-atribut
produk dan kondisi - kondisi yang diharapkan oleh pembeli atau pelanggan pada
saat membeli suatu produk atau barang yang ditawarkan.
d.
Augmented product (namely that one includes additional service and benefit that
distinguish the company’s offer from competitor’s offer) yaitu sesuatu yang membedakan
antara produk yang ditawarkan oleh badan usaha dengan produk atau barang yang
ditawarkan oleh perusahaan lain sebagai pesaing dari perusahaan itu.
e.
Potential product (namely all of the argumentations and transformations that
this product that ultimately undergo in the future) yaitu semua argumentasi dan
perubahan bentuk yang dialami oleh suatu produk dimasa datang.
No comments:
Post a Comment