Model
SERVQUAL menekankan arti penting harapan pelanggan sebelum membeli atau
mengkonsumsi suatu jasa sebagai standar/acuan dalam mengevaluasi kinerja jasa
yang bersangkutan.
Hasil penelitian Zeithaml, et al. (1993) menunjukan bahwa terdapat 10faktor
utama yang mempengaruhi harapan pelanggan terhadap suatu jasa, yaitu:
1. Enduring
service intensifiers, berupa harapan yang disebabkan oleh orang lain dan filosofi
pribadi seseorang mengenai suatu jasa.
2.
Kebutuhan pribadi, meliputi kebutuhan fisik, sosial, dan psikologis.
3. Transitory
service intensifier, terdiri atas situasi darurat yang membutuhkan jasa tertentu
(seperti asuransi kesehatan dan asuransi kecelakaan) dan jasa terakhir yang pernah
dikonsumsi pelanggan.
4.
Persepsi pelanggan terhadap tingkat layanan perusahaan lain.
5. Self-perceived
service role, yaitu persepsi pelanggan terhadap tingkat keterlibatannya dalam
proses penyampaian jasa.
6.
Faktor situasional yang berada di luar kendali penyedia jasa.
7.
Janji layanan eksplisit, baik berupa iklan, personal selling,
perjanjian, maupun komunikasi
dengan karyawan penyedia jasa.
8.
Janji layanan implisit, yang tercermin dari harga dan sarana pendukung jasa.
9. Word-of-mouth,
baik dari teman, keluarga, rekan kerja, pakar, maupun publikasi media masa.
10.
Pengalaman masa lampau.
No comments:
Post a Comment