Kualitas
, apabila dikelola dengan tepat, berkontribusi positif terhadap terwujudnya kepuasan
dan loyalitas pelanggan. Kualitas memberikan nilai plus berupa motivasi khusus bagi
para pelanggan untuk menjalin ikatan relasi saling menguntungkan dalam jangka panjang
dengan perusahaan. Ikatan emosional semacam ini memungkinkan perusahaan untuk
memahami dengan seksama harapan dan kebutuhan spesifik pelanggan. Pada gilirannya
perusahaan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, dimana perusahaan memaksimumkan
pengalaman pelanggan yang menyenangkan dan meminimumkan atau meniadakan
pengalaman pelanggan yang kurang menyenangkan.(Tjiptono,2011).
Secara
sederhana kualitas layanan bisa diartikan sebagai ukuran seberapa bagus tingkat
layanan yang mampu diberikan sesuai dengan ekspektasi pelanggan.(Lewis, 1983). Konsep
kualitas akan dibagi menjadi beberapa bagian yaitu, definisi kualitas, definisi
kualitas jasa, dimensi kualitas jasa, jasa yang diharapkan (expected service),
dan jasa yang dipersepsikan (perceived service).
No comments:
Post a Comment