Monday, April 21, 2014

Penelitian tentang Penyaluran Kredit, CAR, CAMEL, Rasio Keuangan

1. Himaniar Triasdini (2010)
Penelitan yang dilakukan oleh Triasdini (2010) tentang pengaruh CAR, NPL, dan ROA terhadap penyaluran kredit modal kerja . Penelitian ini memiliki variabel independen CAR, NPL, dan ROA. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah Capital Adequacy Ratio berpengaruh positif dan signifikan terhadap penyaluran kredit modal kerja. Non Performing Loan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap penyaluran kredit modal kerja. Return on Assets berpengaruh positif dan signifikan terhadap penyaluran kredit modal kerja. Secara simultan Capital Adequacy Ratio dan Return on Assets berpengaruh signifikan terhadap penyaluran kredit modal kerja.

2. Fransisca dan Hasan Sakti Siregar (2009)
Penelitian yang dilakukan oleh Fransisca dan Siregar (2009) mengenai pengaruh faktor internal bank terhadap volume kredit pada bank yang go public di Indonesia, memiliki variabel independen DPK, CAR, ROA, dan NPL. Hasil dari penelitian ini adalah Dana Pihak Ketiga dan Return on Assets berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume kredit. Capital Adequacy Ratio memiliki pengaruh positif dan Non Performing Loan memiliki pengaruh negatif, keduanya tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap volume kredit. Secara simultan Dana Pihak Ketiga, Return on Assets, dan Non Performing Loan berpengaruh signifikan terhadap volume kredit.

3. Tito Adhitya Galih (2011)
Galih (2011) melakukan penelitian tentang pengaruh DPK, CAR, NPL, ROA dan LDR terhadap jumlah penyaluran kredit pada bank di Indonesia. Variabel independen berupa DPK, CAR, NPL, ROA dan LDR.
Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah Non Performing Loan, Capital Adequacy Ratio dan Return on Assets berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap jumlah penyaluran kredit pada bank di Indonesia. Sedangkan Dana Pihak Ketiga, Capital Adequacy Ratio, secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap jumlah penyaluran kredit pada bank di Indonesia.

4. Cyndi Adelya dan Hotmal Jafar (2007)
Adelya dan Jafar (2007) melakukan penelitian tentang pengaruh Dana Pihak Ketiga terhadap penyaluran kredit pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah dana pihak ketiga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap penyaluran kredit pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek.

5. Billy Arma Pratama (2010)
Penelitian yang dilakukan Pratama (2010) mengenai analisis faktorfaktor yang mempengaruhi kebijakan penyaluran kredit perbankan, faktor –faktor yang digunakan dalam penelitian ini adalah DPK, CAR, NPL, dan Suku Bunga SBI sebagai variabel indepnden. Hasil yang dapat dilihat dari penelitian ini adalah Dana Pihak Ketiga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap penyaluran kredit perbankan. Capital Adequacy dan Non Performing Loan memiliki pengaruh signifikan negatif terhadap penyaluran kredit
perbankan. Sedangkan Suku Bunga Sertifikat Bank Indonesia memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap penyaluran kredit perbankan.

Kesimpulan yang dapat diambil adalah secara simultan dapat dikatakan bahwa Dana Pihak Ketiga, Capital Adequacy Ratio, dan Non Performing Loan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penyaluran kredit perbankan. 

No comments:

Post a Comment