Tuesday, April 22, 2014

Pengertian dan Penerapan Manajemen Laba




Setiawati dan Na’im (2000) dalam Wisnumurti (2010) menyatakan bahwa manajemen laba merupakan campur tangan dalam proses pelaporan keuangan eksternal dengan tujuan untuk menguntungkan diri sendiri. Manajemen laba sendiri dapat mengakibatkan berkurangnya kredibilitas laporan keuangan, menambah bias dalam laporan keuangan dan dapat membuat pemakai laporan keuangan mempercayai angka laba hasil rekayasa tersebut sebagai angka laba tanpa rekayasa.
Manajemen laba sebagai suatu proses mengambil langkah yang disengaja dalam batas prinsip akuntansi yang berterima umum baik didalam maupun diluar batas General Accepted Accounting Principles (GAAP). Menurut Sugiri (1998:1-18) membagi definisi manajemen laba menjadi dua, yaitu:
1) Definisi Sempit.
Manajemen laba dalam hal ini hanya berkaitan dengan pemilihan metode akuntansi. Manajemen laba dalam artian sempit ini didefinisikan sebagai perilaku manajer untuk bermain dengan komponen discretionary accruals dalam menentukan besarnya laba.
2) Definisi Luas.
Manajemen laba merupakan tindakan manajer untuk meningkatkan (mengurangi) laba yang dilaporkan saat ini atas suatu unit usaha dimana manajer bertanggung jawab, tanpa mengakibatkan peningkatan (penurunan) profitabilitas ekonomi jangka panjang unit tersebut.
Pengertian manajemen laba oleh Merchan (1989) dalam Merchan dan Rockness (1994) didefinisikan sebagai tindakan yang dilakukan oleh manajemen perusahaan untuk mempengaruhi laba yang dilaporkan yang bias memberikan informasi mengenai keuntungan ekonomis (economic advantage) yang sesungguhnya tidak dialami perusahaan, yang dalam jangka panjang tindakan tersebut bisa merugikan perusahaan.
Ketika pemerintah menetapkan tarif baru untuk wajib pajak badan, hal ini akan membuat mereka untuk memanfaatkan kesempatan ini. Kewajiban manajemen perusahaan yang dituntut untuk menghasilkan laba seoptimum mungkin mengakibatkan mereka memanfaatkan setiap celah yang ada. Perubahan tarif dari tarif progresif menjadi tarif tunggal sebenarnya sudah menguntungkan perusahaan-perusahaan besar. Tetapi adanya kewajiban menghasilkan laba yang maksimum membuat mereka memberikan informasi laba yang palsu atau bias agar pajaknya juga menjadi kecil. Dengan kata lain, manajemen akan menurunkan laba mereka dari yang sebenarnya agar kewajiban pajaknya juga semakin kecil.

No comments:

Post a Comment