Tuesday, April 22, 2014

Pengertian Kinerja Lingkungan dan Pengkuran Kinerja Lingkungan




Kinerja lingkungan adalah kinerja perusahaan untuk menciptakan lingkungan yang hijau (green) (Suratno dkk, 2007). Kinerja lingkungan merupakan salah satu langkah penting perusahaan dalam meraih kesuksesan bisnis. Kinerja lingkungan adalah hasil yang dapat diukur melalui system manajemen lingkungan yang didasarkan pada kebijakan lingkungan, sasaran lingkungan dan target lingkungan (Purwanto, 2004). Sistem manajemen lingkungan memiliki standar yang mendeskripsikan sebuah sistem yang
membantu perusahaan untuk mencapai kinerja lingkungan yang lebih baik (Sturm, 1997). Jenis indikator kinerja lingkungan dibagi menjadi dua yaitu:

1. Indikator lagging yaitu ukuran kinerja end process, mengukur output hasil proses seperti jumlah limbah yang dikeluarkan.
2. Indikator leading yaitu ukuran kinerja in process, mengukur faktor apa yang diharapkan membawa perubahan bagi kinerja lingkungan.

Terdapat dua jenis kinerja lingkungan yaitu kinerja lingkungan kuantitatif dan kinerja lingkungan kualitatif.
a. Kinerja lingkungan kuantitatif adalah kinerja yang hasilnya dapat diukur dari sistem manajemen lingkungan yang terkait kontrol aspek lingkungan fisiknya. Indikator kualitatif adalah ukuran yang didasarkan pada semantik, pandangan, persepsi seseorang berdasarkan pengamatan dan penilaiannya terhadap sesuatu. Kuantitatif adalah ukuran yang didasarkan pada sata empiris dan hasilnya numerik uang menunjukkan karakteristik kinerja dalam bentuk fisik, keuangan dan bentuk lain, misalnya batas baku mutu limbah.
b. Kinerja lingkungan kualititatif adalah kinerja yang hasilnya dapat diukur dari hal-hal yang terkait dengan ukuruan aset non fisikm seperti prosedur, proses inovasi, motivasi, dab senabgat kerja yang dialamu pelaku kegiatan dalam mewujudkan kebijakan lingkungan organisasi, sasaran dan target.

No comments:

Post a Comment