Saturday, June 4, 2016

Kemampuan Mengindera Pasar


Menurut Lankinen, M. Rokman dan Pekka (2008), mengemukakan bahwa kinerja perusahaan dalam pasar dibedakan dari kemampuan untuk merasakan suatu peristiwa dan tren pada pasar mereka lebih cepat daripada para pesaingnya. Perusahaan dapat mengantisipasi lebih akurat bagaimana respons terhadap tindakan yang dirancang untuk mempertahankan atau menarik pelanggan, meningkatkan hubungan saluran distribusi atau menggagalkan para pesaingnya (Jaworski, Kohli dan Sahay, 2000). Day (1994), mendefinisikan kemampuan tersebut merupakan market sensing atau mengindera/merasakan pasar.
Market sensing dapat didefinisikan sebagai proses memperoleh pengetahuan mengenai pasar dimana para pemilik perusahaan menggunakannya untuk memperoleh informasi yang membantu mereka untuk melakukan pengambilan keputusan. Market sensing merupakan proses pembelajaran tentang pasar sekarang dan perspektif pelanggan serta para pesaing perusahaan. Market sensing memungkinkan perusahaan untuk merumuskan, menguji, mengevaluasi, memperbarui dan memperbaiki pandangan pasar mereka (Anderson & Narus, 2007).
Day (1994) mengemukakan bahwa penelitiannya mengidentifikasi bahwa kemampuan perusahaan dalam market sensing dan hubungan pelanggan mengarah pada orientasi pasar dan pada akhirnya meningkatkan daya saing. Day (1994) menjelaskan bahwa market sensing merupakan kemampuan untuk mengumpulkan informasi pasar, termasuk informasi mengenai pelanggan dan kompetitor serta yang lainnya, lalu menyalurkan informasi tersebut secara efektif melalui organisasi sehingga perusahaan dapat mengeksploitasi keuntungan komersial dari memiliki informasi tersebut dan menggunakan informasi tersebut dengan benar.

KLIK DISINI UNTUK DOWNLOAD SKRIPSI LENGKAP

No comments:

Post a Comment