Wednesday, June 29, 2016

Pengertian dan Konsep Perilaku Konsumen

 Tujuan pemasaran adalah memenuhi dan memuaskan kebutuhan dan keinginan sasaran pelanggan. Ilmu perilaku konsumen mempelajari bagaimana individu, kelompok dan organisasi memilih, membeli, memakai dan membuang barang, jasa, gagasan atau pengalaman dalam rangka memuaskan kebutuhan dan hasrat mereka. Memahami perilaku konsumen tidak pernah sederhana. Konsumen mungkin menyatakan kebutuhan dan keinginan mereka namun bertindak sebaliknya. Bagaimanapun juga, pemasar harus memperlajari keinginan, persepsi, preferensi, serta perilaku pembelian sasaran pelanggan mereka. James F. Engel et al (168) berpedapat bahwa perilaku konsumen didefinisikan sebagai tindakan-tindakan individu yang secara langsung terlibat dalam usaha memperoleh dan menggunakan barang-barang jasa ekonomis termasuk proses pengambilan keputusan yang mendahului dan menentukan tindakan-tindakan tersebut. Perilaku konsumen atau sikap membeli berkaitan dengan proses pemilihan produk yang akan dibeli, yang terdapat dalam proses pembelian. Proses pembelian ini dipelajari untuk mengetahui seseorang untuk memilih atau membeli serta lebih senang dengan produk merk tertentu. Perilaku konsumen atau pembeli merupakan tindakan individu yang langsung mengarah pada pencapaian dan penggunaan produk (barang dan jasa) termasuk proses keputusan yang mudah dan menetukan tindakan tersebut... Baca selengkapnya...>>>

No comments:

Post a Comment