Tujuan pemasaran adalah memenuhi dan memuaskan kebutuhan dan
keinginan sasaran pelanggan. Ilmu perilaku konsumen mempelajari bagaimana
individu, kelompok dan organisasi memilih, membeli, memakai dan membuang
barang, jasa, gagasan atau pengalaman dalam rangka memuaskan kebutuhan dan
hasrat mereka. Memahami perilaku konsumen tidak pernah sederhana. Konsumen
mungkin menyatakan kebutuhan dan keinginan mereka namun bertindak
sebaliknya. Bagaimanapun juga, pemasar harus memperlajari keinginan, persepsi,
preferensi, serta perilaku pembelian sasaran pelanggan mereka.
James F. Engel et al (168) berpedapat bahwa perilaku konsumen
didefinisikan sebagai tindakan-tindakan individu yang secara langsung terlibat
dalam usaha memperoleh dan menggunakan barang-barang jasa ekonomis
termasuk proses pengambilan keputusan yang mendahului dan menentukan
tindakan-tindakan tersebut.
Perilaku konsumen atau sikap membeli berkaitan dengan proses pemilihan
produk yang akan dibeli, yang terdapat dalam proses pembelian. Proses pembelian
ini dipelajari untuk mengetahui seseorang untuk memilih atau membeli serta lebih
senang dengan produk merk tertentu. Perilaku konsumen atau pembeli merupakan
tindakan individu yang langsung mengarah pada pencapaian dan penggunaan
produk (barang dan jasa) termasuk proses keputusan yang mudah dan menetukan
tindakan tersebut... Baca selengkapnya...>>>
No comments:
Post a Comment