Saturday, June 4, 2016

Pengertian Keunggulan Bersaing

KLIK DISIMI untuk DOWNLOAD SKRIPSI LENGKAP
Pada era globalisasi seperti sekarang ini menimbulkan ketatnya persaingan usaha di berbagai sektor, bila usaha tersebut tidak dapat bertahan dalam persaingan, maka usaha tersebut dapat tergeser dengan usaha pesaingnya yang lebih memiliki kualitas daya saing dalam pasar. Maka dari itu setiap pengusaha harus berusaha meningkatkan kompetensinya untuk menciptakan keunggulan bersaing dalam pasar. Michael Porter (1998) mengidentifikasi lima kekuatan yang menentukan daya tarik jangka panjang intrinsik sebuah pasar atau segmen pasar, antara lain : pesaing industri, pendatang baru potensial, produk pengganti, pembeli, dan pemasok. Porter (1998) menyatakan bahwa kelima kekuatan bersaing tersebut dapat mengembangkan strategi persaingan dengan mempengaruhi atau mengubah kekuatan tersebut agar dapat memberikan situasi yang menguntungkan bagi perusahaan.
Persaingan dapat dipandang sebagai bagaimana mengelola sumber daya sedemikian rupa sehingga melampaui kinerja kompetitor. Menurut Porter (1998) menyatakan bahwa keunggulan bersaing berkaitan dengan cara bagaimana perusahaan memilih dan benar-benar dapat melaksanakan strategi generik ke dalam praktik. Strategi bersaing generik yang di terapkan pada level unit usaha strategis atau produk (dan jasa) yang dihasilkan perusahaan terdiri dari tiga macam, yakni : strategi keunggulan biaya, diferensiasi, dan fokus (Suwarsono, 2008).KLIK DISIMI untuk DOWNLOAD SKRIPSI LENGKAP

No comments:

Post a Comment