Saturday, June 18, 2016

Skripsi Teori tentang Arus Kas

Setiap perusahaan memerlukan kas dalam menjalankan aktivitas usahanya baik sebagai alat tukar dalam memperoleh barang atau jasa maupun sebagai investasi dalam perusahaan tersebut. Kas merupakan alat pertukaran dan alat pembayaran yang diterima untuk pelunasan hutang, dan dapat diterima sebagai setoran dengan jumlah sebesar nilai nominalnya, juga simpanan bank atau tempat lain yang dapat diambil sewaktu-waktu.
Kas terdiri dari saldo kas yang ditangan perusahaan dan termasuk rekening giro. Setoran kas adalah aset yang dimiliki untuk memenuhi komitmen kas jangka pendek, bukan untuk investasi dan dengan cepat dapat dijadikan menjadi kas. Kas dapat dikatakan merupakan satu-satunya pos yang paling penting dalam neraca. Karena berlaku sebagai alat tukar dalam perekonomian, kas terlihat secara langsung atau tidak langsung dalam hampir semua transaksi usaha. 
Hal ini sesuai dengan sifat-sifat kas yaitu (Pakpahan, 2009):
a.             Kas terlalu sering terlibat dalam hampir semua transaksi perusahaan.
b.             Kas merupakan harta yang siap dan mudah untuk digunakan dalam transaksi serta ditukarkan dengan harta lain, mudah dipindahkan dan beragam tanpa tanda pemilik.
c.             Jumlah uang kas yang dimiliki oleh perusahaan harus dijaga sedemikian rupa sehingga tidak terlalu banyak dan tidak kurang.
Pengolahan kas dapat dikriteriakan sebagai berikut:
a.             Diakui secara umum sebagai alat pembayaran yang sah.
b.             Dapat digunakan setiap saat bila dikehendaki.
c.             Penggunaannya secara bebas.
d.             Diterima sesuai nilai nominalnya pada saat diuangkan tersebut.

Baca selengkapnya,,,>>>

Klik Disini untuk DOWNLOAD SKRIPSI LENGKAP tentang ARUS KAS

No comments:

Post a Comment