Saturday, June 4, 2016

Strategi Fokus Dalam Pemasaran


Strategi fokus digunakan untuk membangun keunggulan bersaing dalam suatu segmen pasar yang lebih sempit. Strategi jenis ini ditujukan untuk melayani kebutuhan konsumen yang jumlahnya relatif kecil dan dalam pengambilan keputusannya untuk membeli relatif tidak dipengaruhi oleh harga (Amelia , 2012). Keunggulan bersaing suatu usaha dalam melayani segmen pasar tersebut dapat di bangun dengan menjual barang dengan harga yang lebih rendah dari pesaingnya. Di samping itu, suatu usaha juga dapat membangun keunggulan bersaing berdasar kemampuannya untuk mendiferensiasikan produk yang ditawarkan pada segmen pasar yang di tuju ( Henky dan Felicia, 2012).
Menurut Porter (1998) menjelaskan bahwa keunggulan bersaing adalah jantung kinerja pemasaran untuk menghadapi persaingan. Sedangkan untuk menciptakan keunggulan bersaing berkelanjutan perlu diciptakan hambatan sehingga sulit bagi pesaing lain untuk masuk kedalam pasar. Meskipun, hambatan tersebut dapat terkikis dengan bertambahnya pesaing dan meningkatnya persaingan, sehingga suatu usaha dituntut untuk terus menerus memperbaiki kompetensinya untuk mempertahankan keunggulan bersaing yang dimilikinya (Nursya’bani dan Hery, 2003).

No comments:

Post a Comment