Tuesday, February 21, 2012

Jenis-jenis E-Commerce



E-Commerce dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu Business to Business (B2B) dan Business to Consumer (B2C, retail). Kedua jenis e-Commerce ini memiliki karakteristik yang berbeda, diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Business to Business e-Commerce (B2B) memiliki karakteristik.
a.       Trading Partners yang sudah diketahui dan umumnya memiliki hubungan (relationship) yang cukup lama. Informasi hanya dipertukarkan dengan partner tersebut. Dikarenakan sudah mengenal lawan komunikasi, maka jenis informasi  yang dikirimkan dapat disusun sesuai dengan kebutuhan dan kepercayaan.
b.      Pertukaran data (data exchange) berlangsung berulang-ulang dan secara berkala, misalnya setiap hari, dengan format data yang sudah disepakati bersama. Dengan kata lain, service yang digunakan sudah tertentu. Hal ini memudahkan pertukaran data untuk dua entity yang menggunakan standar yang sama.
c.       Salah satu pelaku dapat melakukan inisiatif untuk mengirimkan data, tidak harus menunggu parternya. Model yang umum digunakan adalah peer-to-peer, dimana proses intelejensi dapat  didistribusikan dikedua pelaku bisnis.

d.      Topik yang juga mungkin termasuk didalam business-to-business e-Commerce adalah electronic/Internet procurement dan ERP (Enterprise Resource Planning). Hal ini adalah  implementasi penggunaan teknologi informasi pada perusahaan dan pada manufacturing.

  1. Business to Consumer e-Commerce (B2C) memiliki karakteristik:
a.       Terbuka untuk umum, dimana informasi disebarkan ke umum.
b.      Servis yang diberikan bersifat umum dengan mekanisme yang  dapat digunakan oleh khalayak ramai. Sebagai contoh, karena sistem web sudah umum digunakan maka servis diberikan dengan menggunakan basis web.
c.       Servis diberikan berdasarkan permohonan. Konsumen melakukan inisiatif dan produser harus siap memberikan respon sesuai dengan permohonan.
d.      Pendekatan client/server sering digunakan dimana diambil asumsi client (consumer) menggunakan sistem yang minimal (berbasis web) dan processing (business procedure) diletakkan disisi server.
e.       Mekanisme untuk mendekati konsumen pada saat ini  menggunakan bermacam-macam pendekatan seperti misalnya  dengan menggunakan Electronic shopping mall yaitu  menggunakan website untuk menjajakan produk dan layanan.  Calon pembeli dapat melihat-lihat produk dan layanan yang  tersedia seperti halnya dalam kehidupan sehari-hari. Bedanya, calon pembeli dapat melakukan shopping ini kapan saja dan dari mana saja dia berada tanpa dibatasi oleh jam buka toko.

No comments:

Post a Comment