Tuesday, February 21, 2012

Keamanan dan Manfaat E-Commerce


Keamanan E-Commerce

Secara umum, keamanan merupakan salah satu komponen atau service yang dibutuhkan untuk menjalankan E-Commerce.  Beberapa topik yang harus dikuasai antara lain akan didaftar di bawah ini:
1.      Teknik Kriptografi
Teknologi kriptografi menjelaskan bagaimana mengamankan data  dengan menggunakan enkripsi. Berbagai sistem sudah dikembangkan seperti  sistem private key dan public key. Penguasaan algoritma-algoritma  populer digunakan untuk mengamankan data juga sangat  penting.  Contoh algoritma ini antara lain DES,  IDEA,  RC5,  RSA dan ECC (Ellliptic Curve Cryptography). Salah satu masalah dalam mengamankan enkripsi  adalah bagaimana memastikan bahwa hanya sang penerima yang dapat mengakses data.
2.      Konsultan Keamanan
Konsultan, organisasi, dan institusi yang bergerak dibidang keamanan dapat membantu meningkatkan dan menjaga keamanan. Contoh  organisasi yang bergerak di bidang ini adalah IDCERT.

Manfaat E-Commerce

1.      Manfaat e-Commerce bagi toko antara lain:
a.       Kemampuan grafis internet maupun memperlihatkan produk apa adanya (natural) serta dapat membuat brosur berwarna dan menyebarkannya tanpa ongkos/biaya cetak.
b.      Lebih aman membuka toko online dibanding membuka toko biasa.
c.       Berjualan didunia maya internet tidak mengenal hari libur dan hari besar, semua transaksi bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.
d.      Tanpa batas-batas wilayah dan waktu, sehingga memberikan  jangkauan pemasaran yang luas dan tak terbatas oleh waktu.
e.       Revenue stream (arus pendapatan) yang baru yang mungkin sulit atau tidak dapat diperoleh melalui cara konvensional.
f.       Meningkatkan market exposure (pangsa pasar), dimana  penggunaan e-commerce memungkinkan untuk meningkatkan pangsa pasar yang semula mempunyai pangsa pasar di dalam negeri saja, dengan adanya e-commerce maka pangsa pasar menjangkau luar negeri.
g.      Menurunkan biaya operasi (operating cost), penggunaan teknologi internet memungkinkan kita untuk melakukan kegiatan perdagangan  selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu, akan tetapi tidak berpengaruh terhadap biaya yang dikeluarkan untuk biaya lembur karyawan atau  pegawai, karena segala sesuatunya dikerjakan oleh komputer yang  tidak membutuhkan operator untuk menjalankan proses perdagangan, cukup hanya dengan penggunaan software tertentu maka semua  aktifitas dalam transaksi perdagangan dapat dilakukan.
h.      Penghematan besar yang dimungkinkan melalui e-mail. Penghematan ini terjadi karena berkurangnya penggunaan kertas dalam segala  proses transaksi, dimana segala sesuatunya didalam e-commerce memungkinkan data digital sehingga tidak membutuhkan kertas sebagai media yang pada akhirnya memberikan penghematan besar  terhadap  pengeluaran  dalam proses transaksi.
2.      Manfaat e-commerce bagi konsumen antara lain:
a.       E-Commerce memungkinkan pelanggan untuk berbelanja atau melakukan transaksi selama 24 jam sehari sepanjang tahun dari hampir setiap lokasi.
b.      E-Commerce menyediakan produk dan jasa yang tidak mahal kepada pelanggan dengan cara mengunjungi banyak tempat dan melakukan perbandingan secara cepat.
c.       E-Commerce memberikan lebih banyak pilihan kepada pelanggan, mereka bisa memilih berbagai produk dari banyak vendor.
d.      Memberikan kesempatan kepada konsumen yang berada dibelahan dunia manapun untuk dapat menggunakan sebuah produk atau  mendapatkan service yang dihasilkan dari beberapa negara yang berbeda dengan melakukan transaksi tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu.
e.       Memberikan kesempatan kepada para pelanggan untuk berinteraksi dengan pelanggan lain di electronic community dan bertukar pikiran serta pengalaman.

No comments:

Post a Comment