Keamanan E-Commerce
Secara umum, keamanan merupakan salah satu komponen atau service yang dibutuhkan untuk
menjalankan E-Commerce. Beberapa topik yang harus dikuasai antara lain
akan didaftar di bawah ini:
1. Teknik Kriptografi
Teknologi kriptografi menjelaskan bagaimana
mengamankan data dengan menggunakan
enkripsi. Berbagai sistem sudah dikembangkan seperti sistem private
key dan public key. Penguasaan
algoritma-algoritma populer digunakan untuk
mengamankan data juga sangat
penting. Contoh algoritma ini
antara lain DES, IDEA, RC5,
RSA dan ECC (Ellliptic Curve Cryptography). Salah satu masalah dalam
mengamankan enkripsi adalah bagaimana
memastikan bahwa hanya sang penerima yang dapat mengakses data.
2. Konsultan Keamanan
Konsultan, organisasi, dan institusi yang bergerak dibidang
keamanan dapat membantu meningkatkan dan menjaga keamanan. Contoh organisasi yang bergerak di bidang ini adalah
IDCERT.
Manfaat E-Commerce
1. Manfaat e-Commerce bagi toko
antara lain:
a. Kemampuan grafis internet maupun memperlihatkan produk apa adanya (natural)
serta dapat membuat brosur berwarna dan menyebarkannya tanpa ongkos/biaya
cetak.
b. Lebih aman membuka toko online dibanding
membuka toko biasa.
c. Berjualan didunia maya internet tidak mengenal hari libur dan hari besar, semua
transaksi bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.
d. Tanpa batas-batas wilayah dan waktu, sehingga memberikan jangkauan pemasaran yang luas dan tak
terbatas oleh waktu.
e. Revenue stream (arus pendapatan) yang baru yang mungkin sulit atau tidak dapat diperoleh
melalui cara konvensional.
f. Meningkatkan market exposure
(pangsa pasar), dimana penggunaan e-commerce memungkinkan untuk
meningkatkan pangsa pasar yang semula mempunyai pangsa pasar di dalam negeri
saja, dengan adanya e-commerce maka
pangsa pasar menjangkau luar negeri.
g. Menurunkan biaya operasi (operating cost),
penggunaan teknologi internet memungkinkan kita untuk melakukan kegiatan
perdagangan selama 24 jam sehari, 7 hari
seminggu, akan tetapi tidak berpengaruh terhadap biaya yang dikeluarkan untuk
biaya lembur karyawan atau pegawai,
karena segala sesuatunya dikerjakan oleh komputer yang tidak membutuhkan operator untuk menjalankan
proses perdagangan, cukup hanya dengan penggunaan software tertentu maka
semua aktifitas dalam transaksi perdagangan
dapat dilakukan.
h. Penghematan besar yang dimungkinkan melalui e-mail. Penghematan ini terjadi karena berkurangnya penggunaan
kertas dalam segala proses transaksi,
dimana segala sesuatunya didalam e-commerce
memungkinkan data digital sehingga tidak membutuhkan kertas sebagai media yang
pada akhirnya memberikan penghematan besar
terhadap pengeluaran dalam proses transaksi.
2. Manfaat e-commerce bagi konsumen
antara lain:
a. E-Commerce memungkinkan pelanggan untuk berbelanja atau melakukan transaksi selama 24
jam sehari sepanjang tahun dari hampir setiap lokasi.
b. E-Commerce menyediakan produk dan jasa yang tidak mahal kepada pelanggan dengan cara
mengunjungi banyak tempat dan melakukan perbandingan secara cepat.
c. E-Commerce memberikan lebih banyak pilihan kepada pelanggan, mereka bisa memilih
berbagai produk dari banyak vendor.
d. Memberikan kesempatan kepada konsumen yang berada dibelahan dunia manapun
untuk dapat menggunakan sebuah produk atau
mendapatkan service yang
dihasilkan dari beberapa negara yang berbeda dengan melakukan transaksi tanpa
dibatasi oleh ruang dan waktu.
e. Memberikan kesempatan kepada para pelanggan untuk berinteraksi dengan
pelanggan lain di electronic community
dan bertukar pikiran serta pengalaman.
No comments:
Post a Comment